Headlines News :
Home » » Cerita Unik dan Inspiratif Di Sepakbola

Cerita Unik dan Inspiratif Di Sepakbola

Written By afdhal tuinktuink on Wednesday, May 30, 2012 | 9:20 PM


Tahun 1996 mungkin menjadi tahun yang tidak dapat dilupakan oleh mantan pelatih Blackburn Rovers dan Newcastle United berkebangsaan Skotlandia Grame Souness, betapa tidak kisahnya di tahun itu mungkin menjadi cerita paling menghebohkan yang pernah terjadi di dunia sepakbola modern.
Kisah itu bermula ketika Souness (Pelatih Southampton saat itu) menerima telepon dari seseorang yang mengaku dirinya George Weah pemain tim nasional Liberia kala itu dan Pemain Terbaik Dunia tahun 1995 yang bermaksud menawarkan salah seorang sepupunya yang diceritakan pernah bermain di klub Paris Saint Germain dan memiliki 13 caps di tim nasional Liberia, bahkan Weah palsu mengatakan pada Souness bahwa pemain itu bisa menjadi pemain sepakbola yang hebat di masa yang akan datang. Mendengar hal tersebut Souness percaya dan berencana menawarkan kontrak percobaan selama 1 Bulan.
Usut punya usut ternyata pemain tersebut bernama Ali Dia, pria kelahiran Dakkar, Senegal 20 Agustus 1965 ini berhasil meyakinkan Souness untuk berlatih di kamp latihan Southampton. Hari pertama latihan tak ada yang aneh dari seorang Ali Dia, mungkin hal tersebut dikarenakan porsi latihan ringan yang membuat seluruh pemain tampak tidak sepenuhnya mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Hingga akhirnya muncul kesempatan bagi Dia untuk bermain di Level pertandingan ketika Southampton Reserve akan berhadapan dengan Arsenal Reserve, namun keberuntungan masih menaungi Ali Dia, pertandingan tersebut terpaksa ditunda dikarenakan lapangan yang tergenang air. Membuat Ali Dia masih dapat merasakan hari-hari indahnya bergabung dengan klub Premier League Southampton.
Ali Dia ketika membela Southampton
Selang beberapa hari kemudian Southampton dijadwalkan bertandang ke markas Leeds United di Elland Road, seperti biasa Grame Souness terlihat sibuk mempersiapkan tim jelang laga melawan Leeds. ketika susunan line up dibacakan ada hal yang menakjubkan, akhirnya Ali Dia dapat mewujudkan Mimpi nya duduk di bangku cadangan sebuah klub Premier League, sebuah hal yang mungkin tidak Dia bayangkan sebelumnya.
Pertandingan pun berlangsung normal pemain bersalaman dan Ali Dia duduk di bangku cadangan klub, hingga akhirnya di menit 32 episode klimaks dari seluruh kisah diatas tercipta. Bintang sekaligus legenda Southampton Matthew Le Tessier atau yang kerap disapa Matt Le Tessier terlihat mengalami cedera hamstring yang cukup parah dan mengakibatkan ia tidak dapat melanjutkan pertandingan. Souness pun berjudi dengan memasukan Ali Dia sekalipun Souness belum pernah melihat performa Dia di level pertandingan.
Selanjutnya pertandingan itu bagaikan lelucon, betapa tidak seseorang yang mungkin adalah Pemain Tingkat RT bermain di sebuah pertandingan resmi Liga Besar Eropa. Ali Dia bermain seperti seorang rusa yang berlari-lari di lapangan tanpa arah dan bahkan Dia terlihat kurang piawai dalam mengolah bola. Penonton, Pemain hingga jajaran manajemen Southampton terkejut, dan dapat ditebak Grame Souness pun gusar bukan kepalang. akhirnya setelah 53 menit bermain Ali Dia diganti di tengan pertandingan oleh pemain Southampton lainnya Ken Monkou. Pertandingan tersebut akhirnya dimenangkan oleh Leeds United dengan skor 2-0.
Ali Dia (Southmapton) ketika melawan Leeds United
Selang beberapa hari setelah pertandingan, seperti dapat ditebak akhirnya kontrak Ali Dia diputus, pihak klub mengkonfirmasi bahwa Ali Dia diputus kontraknya karena Cedera Parah yang tidak dapat disembuhkan, namun diketahui cerita tersebut bohong untuk menutup malu pihak klub akibat kasus tersebut.
Setelah kasus itu terjadi akhirnya satu persatu kebohongan seorang Ali Dia terkuak, diketahui Dia hanya pernah bermain di beberapa klub amatir di Prancis dan Jerman diantaranya adalah : Beauvais, Dijon, La Rochelle, Saint-Quentin, FinnPa, PK-35 dan Vfb Lubeck, petualangannya di Inggris dimulai ketika dia mencoba peruntungan trial ke beberapa klub seperti Port Vale, Gillingham dan Bournemouth yang keseluruhannya berakhir dengan kegagalan dan akhirnya setelah kegagalan itu Ali Dia begabung dengan klub amatir Blyth Spartans dimana di klub tersebut Dia hanya bermain 1 kali dan itu pun sebagai pemain pengganti.
Kita mungkin berfikir di Medio tahun 1990an dimana sepakbola sudah menjadi Industri yang sangat menjanjikan, bagaimana mungkin seorang penipu bisa bermain di sebuah pertandingan resmi Premier League, tapi hal itulah yang terjadi di klub Sothampton ketika itu, mungkin geliat internet yang belum menjamur kala itu bisa menjadi penyebab hal itu terjadi, karena dewasa ini Curiculum Vitae (CV) pemain sepakbola baik profesional maupun amatir dapat diperoleh dengan mudah di dunia maya dan mungkin dapat mencegah terjadinya kasus serupa.
Kisah tersebut menjadi bukti tak ada yang tak mungkin terjadi di dunia sepakbola, positif nya mungkin bisa memacu motivasi dan semangat bagi bakat-bakar muda sepakbola kita seperti Arthur Irawan, Syaffarizal Mursalin Agri, Ronaldo Lolombulan, Yusuf Mahardika, Eriyanto, dll untuk bisa lebih meningkatkan kemampuan sepakbola mereka dan dapat mewujudkan mimpi untuk bisa bermain di Liga-Liga Besar Eropa, karena dari segi kemampuan, mereka memiliki skill dan bakat yang lebih dari seorang Ali Dia.
Akirnya muncul sebuah quotes yang mungkin bisa membangkitkan motivasi bakat-bakar muda sepakbola kita untuk bisa mewujudkan mimpi mereka bermain di Liga-Liga Besar Eropa yakni :
“Penipu macam ALI DIA Saja bisa bermain di Premier League, Apalagi Bakat-Bakat Muda kita”
Tetap semangat Generasi Muda kita, Buktikan Kita mampu Improve dan dapat mewujudkan mimpi bermain di Liga-Liga besar eropa. Buktikan Kita Bisa !!!!
Sedikit liputan Ali Dia di Youtube : http://www.youtube.com/watch?v=PyI-OfT7zYM

Ditulis Oleh : Chaeruman Setia Nugraha
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Nanggroe Corner - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template