Headlines News :
Home » » Kumpulan Tips Untuk Anda

Kumpulan Tips Untuk Anda

Written By afdhal tuinktuink on Friday, April 13, 2012 | 12:05 AM

Sebel ditelpon oleh orang yang tidak Anda suka?

Ngeselinnya, dia sering nelpon lagi? Duh, bingung ngatasinnya ya…


Berikut beberapa ide solusi “gila” , lakukan sendiri karena memang sederhana, ajarkan ke orang lain, lalu kembangkan menjadi teknik Anda sendiri:Maaf, ini ide submodality “gila” ala saya, baik pengalaman untuk diri sendiri atau saat terapi untuk klien-klien saya. Jadi, mungkin bisa pas, mungkin gak cocok untuk Anda, siapa tahu berguna… (dari pada disimpan, kan mendingan dibagikan)

Cara menggunakannya, boleh sendiri-sendiri, disesuaikan sedikit atau mau dikombinasikan teknik 1 dengan teknik 2, tentu boleh-boleh aja… Pokoke mainkan sing enak, gitu lho!

Tip Praktis # 1:

Tantangan: Sebel ditelpon oleh orang yang tidak Anda suka?

Ide solusi: Ganti nama orang di HP Anda tersebut, menjadi nama yang lucu banget, aneh banget atau sesuatu nama yang “ngaco” sehingga menimbulkan perasaan lucu, aneh, norak dan ngaco juga, misalnya: Unyil, Dora Emon, si Kecret, si Budek, Kerempeng, Teletabis, Dora, Kucing Cantik (walau orang tersebut cowok). Monyet Ganteng (walau orang tersebut cewek). Setelah itu, rahasiakan ya… Biar hanya Anda sendiri yang tahu he..he..

Tip Praktis # 2:

Tantangan: Anda masih punya gambaran orang yang tidak Anda suka, sehingga masih membuat Anda sebel, keki, kesel dan sebagainya? Walau Anda tidak pernah bertemu dengan orang tersebut lagi?

Ide Solusi: Bayangkan, Anda menyiapkan bingkai foto ukuran kecil saja (boleh juga botol kosong) di depan diri Anda, pegang yang erat. Lalu, bayangkan gambaran orang yang tidak Anda suka itu masuk ke dalam bingkai foto atau botol kosong tadi.

Setelah itu bingkai tersebut digoyang-goyang, diguncang-guncang, dikocok-kocok, diputar-putar atau gerakan lainnya, yang menimbulkan efek lucu dan geli. Tertawalah, jika muncul rasa ingin tertawa. Gandakan perasaan geli ini dan terus lakukan sampai terpingkal-pingkal … Seru bukan?

Tip Praktis # 3:

Tantangan: Anda bingung membuang rasa kesal atau takut dengan orang tertentu, yang mau tidak mau Anda pasti bertemu dengan dia setiap hari?

Ide solusi: Dari jarak yang cukup jauh, bayangkan sekarang orang tersebut berdiri di depan Anda. Atur jauhnya jarak orang tersebut, pada jarak yang membuat Anda cukup merasa aman atau nyaman.

Alihkan perhatian Anda pada wajahkan, sekarang fokuskan perhatian Anda pada bulu hidungnya. Warnai bulu hidungnya jadi bule, re-bonding bulu hidungnya. Bayangkan bulu hidungnya menjulur makin panjang dan makin panjang, sehingga menutupi mulut sampai lehernya he..he..

Anda boleh aja mengganti fokus, misalnya hidung yang makin lama makin panjang seperti Pinokio…

Tip Praktis # 4:

Tantangan: Pernah terkejut atau shok dengan suara yang sangat keras?

Ide solusi: Coba tiru suara tersebut sepersis mungkin, teriakkan suara tersebut dari nada sangat tinggi dan menurun sampai hilang… Bisa juga gunakan teknik tadi dengan gaya suara yang slow motion, sehingga menimbulkan efek lucu. Lalu tertawalah semau Anda.

Teknik ini juga cocok untuk terapi rasa kaget pada anak-anak kecil, lakukan berulang-ulang sampai dia terbiasa dan menimbulkan efek tertawa-tawa… Suara keras boleh diganti-ganti jadi suara yang lucu, misal suara donald bebek.

Tip Praktis # 5:

Tantangan: Pernah terkejut dengan gambaran tertentu yang datangnya dari jauh dan datang mendekat ke diri Anda dengan sangat cepat?

Ide solusi: Putar ulang gambarannya, munculkan gambaran yang sangat besar dari dalam benak Anda dan terbangkan menjauh, sejauh mungkin, sampai jadi titik yang sangat kecil dan menghilang. Lakukan dengan sangat cepat.

Tip Praktis # 6:

Tantangan: Nanti jika pikiran Anda mumet, bingung mau ngerjain apa, kayaknya semua penting, sibuk tapi gak ada hasil. Ini obat ces plengnya…

Ide solusi (pilih yang dirasa pas):
Teriak yang sangat-sangat keras dan sepanjang mungkin. Sekali saja! (kalo malu, tutup wajah pake bantal, saat teriak yang keras. Kalo belum terlalu keras, teriak lagi sampai plooong…)
Tiup atau buang nafas secara cepat dan sekeras mungkin,
Keramas di salon atau saat mandi dan membilas

Saat Anda melakukan salah satu kegiatan diatas, saat yang bersamaan bayangkan semua gambaran atau suara yang berada di dekat Anda, hancur, copot, rontok, melayang atau pergi menjauh dan sirna… (kuncinya: harus dibuat menghilang)

Tip Praktis # 7:

Tantangan: Pernah ngalami pikiran Anda “Hang”?

Ide solusi: Tiup 1 buah balon sampai meledak. Kuncinya saat meniup balon, masukan seluruh masalah ke dalam balon. Dan, saat balon meledak, semua kebingungan yang membuat komputer otak kita “Hang” akan ikut sirna meledak ke udara…

Tip Praktis # 8:

Tantangan: Pernah ngalami stres bahkan depresi, bukan?

Ide solusi: Ambil kamera foto Anda, diatur ke posisi lensa makro. Ambil gambar sesuatu yang Anda ingin fokuskan sangat dekat, misal: bunga, tanaman, binatang yang kecil-kecil, benda-benda koleksi atau hal lain yang menarik perhatian Anda. Kunci teknik ini adalah FOKUS-kan perhatian Anda ke hal-hal yang sangat-sangat kecil.

Tip Praktis # 9:

Tantangan: Bingung mau ngapain? Seperti perasaan Overload?

Ide solusi: Gunakan ujung jari telunjuk, tekan atau pencet dengan kuat di telapak tangan kiri (jika Anda BUKAN kidal), di titik sekitar 2 atau 3 cm dibawah ruas paling bawah jari jempol, sampai terasa sangat sakit.

Lalu, “perintahkan” rasa sakit ini mendorong semua perasaan “Overload” yang ada di sekitar (di semua sisi) kepala Anda pergi melayang dengan sangat cepat, menjauh dan hilang. Setelah itu, tarik nafas yang dalam dan hembuskan perlahan-lahan.

Catatan pinggir:

Ingat! Teknik-teknik ini sangat mudah untuk dilakukan. Kuncinya, lakukan dulu saja. Semakin sering Anda melakukannya, semakin cepat pula Anda menguasai teknik-teknik ini dan semakin efektif pula Anda mengolah pikiran dan perasaan Anda.

Selamat menikmati teknik-teknik sederhana dan renyah ini, kunyah sampe halus, telan. Kalo enak, jangan lupa dong tawarkan dan ajarkan juga ke orang lain ya…
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Nanggroe Corner - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template