Headlines News :
Home » » Mengapa SS Lazio Dan Bukan SS Roma?

Mengapa SS Lazio Dan Bukan SS Roma?

Written By afdhal tuinktuink on Thursday, March 29, 2012 | 12:47 PM

1332967429336023416
sumber foto: http://goitaly.about.com




Societa Sportiva Lazio (SS Lazio) didirikan pada 9 Januari 1900 di Kota Roma, tepatnya di Distrik Prati. Lokasi pendeklarasiannya di Pazza della Liberta di mana prasastinya masih tegak berdiri hingga sekarang. Lalu, mengapa namanya SS Lazio dan bukan SS Roma? Padahal SS Lazio adalah klub sepakbola pertama di Kota Roma (La Prima Squadra della Capitale). Padahal sebagian besar klub sepakbola selalu membawa nama kota pada namanya sebagai identitas. Katakanlah Associazione Calcio Milan (AC Milan), Genoa Cricket and Football Club (Genoa) atau Unione Sportiva Citta di Palermo (Palermo) yang lebih dulu berdiri. Justru 27 tahun kemudian diktator fasis Italia, Bennito Mussolini, memerintahkan didirikannya Associazione Sportiva Roma (AS Roma), membawa nama kota ibukota Italia tersebut. Lalu apa arti nama Lazio itu? Dan walaupun berbasis di Roma, mengapa sebagian besar pendukung tradisional Lazio justru berasal dari kota-kota sekitar Roma?
Dataran Yang Luas
Lazio berasal dari kata bahasa Latin “latus” yang bermakna dataran rendah yang luas, lapang atau terbentang. Pada masa kejayaan kekaisaran Romawi, yang lokasinya berpusat di Kota Roma sekarang ini, wilayah luas bagian tengah-selatan Semenanjung Italia dinamakan Latinum untuk menunjukkan suatu area yang penduduknya berbahasa Latin, bahasa resmi kekaisaran Romawi. Juga atas penghormatan kepada tokoh mitologis Yunani, Raja Latinus, putera dari Dewa Jupiter. Saat Kaisar Augustus berkuasa, dia berhasil mempersatukan seluruh wilayah Italia secara geo-politis, dan dibagi menjadi 11 regional, dan tiap regional membawahi beberapa propinsi. Latinum adalah salah satu regional tersebut, dan di regional Latinum lah terletak Kota Roma sebagai pusat pemerintahan. Di masa Italia moderen, Italia dibagi menjadi 19 regional dan regional Latinum berubah nama menjadi Regional Lazio. Regional Lazio membawahi 5 propinsi yaitu Propinsi Frosinnone, Propinsi Latina, Propinsi Rieti, Propinsi Viterbo dan Propinsi Roma (lihat gambar peta terlampir).
Ketika SS Lazio didirikan, para founding fathers Lazio dengan sengaja tidak memilih nama Roma sebagai nama klubnya, tetapi menggunakan nama Lazio, regional yang membawahi Roma. Kota Roma dipilih sebagai lokasi pendeklarasian dan kantor pusat, karena Kota Roma adalah ibukota Dan memang pada kenyataannya, SS Lazio membawahi aktivitas semua cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade, dan beraktivitas meliputi kelima propinsi di regional Lazio, tidak hanya di Roma. Sungguhpun demikian, sebagai klub sepakbola pertama di Roma, Lazio memilih lambang elang (aquille) sebagai logonya, karena Kota Roma memiliki lambang elang, bukan srigala.
Peta Pendukung Tradisional
Wilayah operasi SS Lazio di lima propinsi di regional Lazio membawa konsekuensi, bahwa sebagian besar pendukung tradisional Lazio tersebar di kelima propinsi tersebut, dan tidak hanya terkonsentrasi di Kota Roma. Dan dari segi politis, secara tradisional dan dari generasi ke generasi Lazio didukung oleh fans dari golongan kanan yang konervatif, religius dan mayoritas dari golongan menengah atas yang beragama Katolik, karena di regional Lazio partai sayap kanan Italia selalu memenangi pemilu. Kecuali, di Kota Roma, di mana partai sayap kiri yang progresif, sosialis dan mayoritas dari golongan pekerja yang beragama Kristen Protestan dan Yahudi selalu menguasai pemilu. Kelompok inilah yang menjadi pendukung AS Roma, rival abadi SS Lazio.
Jadi, secara geografis Lazio memang lebih besar daripada Roma, karena Roma hanyalah satu di antara lima propinsi di Lazio. Jadi, kalau SS Lazio lebih besar daripada AS Roma? Ya, barangkali itu memang konsekuensi logis saja. Hehehe……

oleh Galuh Trianingsih Lazuardi
© 2012
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Nanggroe Corner - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template