Headlines News :
Home » » Berikan Aku 7 Pemuda Alay, Maka Ku Jadikan Mereka Boyband

Berikan Aku 7 Pemuda Alay, Maka Ku Jadikan Mereka Boyband

Written By Ops Channel on Wednesday, February 22, 2012 | 1:48 PM

Dulu, Bung Karno pernah bilang “Berikan Aku 7 Pemuda, Maka Akan Ku Guncang Dunia”, Tapi Sekarang Saya ingin bilang Pada Anda “Berikan Aku 7 Pemuda Alay, Maka Akan Ku Jadikan Mereka Boyband”. Alay, Bahasa Alay Inilah Fenomena Bangsa Indonesia yang semakin hari semakin kehilangan Identitasnya, walaupun sebenarnya Bahasa Alay juga bisa masuk ke dalam kajian Ilmu Bahasa yang disebut Morfologi. Jadi, Bahasa Alay lebih kepada Pembentukan kata. Namun, lama kelamaan penggunanaan bahasanya bisa menghilangkan identitas bahasa Indonesia.

Anak-Anak Alay oleh mereka yang Anti Alay disebut juga sebagai Anak-Anak Lebay, Anak Layangan atau ABG Katro. Ciri Generasi Alay ini dapat digambarkan sebagai berikut sebagaimana diungkapkan oleh Marrisa dalam Postingannya “Ciri Ciri Anak Alay, Stop Bahasa Alay :
1. Jika mereka mengirim SMS hurufnya Besar-Kecil atau Kecil-Besar, Saking kreatifnya jadi seperti tidak punya kerjaan lain. Contoh kata-katanya “iYa nIe, aBiS lAgi sIbUq siCh. Jika ditinjau dari penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar maka salah total.
2. Kemudian dalam Bahasa SMS atau BBM seperti belum mengerti dan memahami Huruf-huruf, contohnya : Juga menjadi Juja, Iya menjadi eap, SMS menjadi CMZ atau XMX
3. Pemuda Alay ini biasanya senang berfoto, tidak salah sich berfotonya mah, tetapi gaya berfotonya misalnya lidah dijulurkan, tangan dibentuk angka satu dan diletakan di samping bibir, mulut di gembungin, moto dari atas.
4. Jika Anda ingin lebih dalam lagi meneliti Pemuda/Pemudi Alay ini biasanya terlihat di nama Facebook atau Tweet mereka, misalnya : cii mUna imUtz / cii LeMouDh / raTu Manieeez / sii Cuexz / MociMoci alias Jonny.
5. Nama di BBM kreatif dan meriah banget, sampe susah nyarinya, misalnya **9w alay** dan sebagainya.
6. Jika mengirim SMS atau Chat di BBM biasanya menggunakan angka, sehingga pesannya harus dibaca dengan mengerutkan kening, padahal hanya pengen bilang begini “ 9w 9ag 8i5a 5kr9”…Hello Emang Plaat nomer….
7. Jika menulis di buku tulis atau di SMS atau di BBM sangat susah bacanya, misalnya “ Tyus kmueh jNaN luEpa Mams eaa….” Masya ALLAH, jika Anda menontot OVJ atau The Hits atau Bukan Empat Mata, bahasa-bahasa sejenis diungkapkan Sule, Andre, Parto, Vega, Olga, Tukul dan sebagainya.

Fenomena ini tidak jarang membuat sebagian besar orang-orang menyebut generasi Alay ini adalah generasi norak, kampungan, ndeso. Apakah secara ilmiah bisa dijadikan penetilian, buat Anda yang menggeluti Bahasa Indonesia bisa mengkajinya dalam Ilmu Morfologi atau Fonologi.

Tetapi, buat saya bahasa Alay hanya cocok untuk bercanda untuk membuat orang ketawa, tetap tidak baik jika dijadikan sebagai budaya baru , lama kelamaan identitas bahasa Indonesia yang Baik dan Benar baik dari segi pengucapan dan penulisan akan menghilang, jadilah Republik kita disebut Republik Lebay dengan menggunakan bahasa baru di dunia yang disebut Bahasa Alay.

Anak-Anak Alay inipun membuat group baik di Facebook atau di BBM dan ujung-ujungnya membuat group Boy Band dengan anak-anak yang dipilih bergaya alay semuanya. Indonesia memang surganya bagi pembuat budaya baru, apapun budaya yang Anda bawa dan cobalah di lounch di Indonesia maka akan laku, Indonesia memang dikenal sebagai masyarakat yang gandrung kepada hal-hal baru walaupun hal-hal baru itu belum tentu cocok dan benar adanya.

Mungkin suatu saat akan ada lagi yang membawa budaya baru, jika sekarang Budaya ALAY, suatu saat akan ada Budaya Tuluy, Budaya Sengek, karena sebelum Alay sudah ada Budaya lainnya. Maka dari itulah Nabi Palsu akan selalu laku di Indonesia. kira-kira Alay ada ga ya Nabinya?
haha..
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Nanggroe Corner - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template