Headlines News :
Home » , » 7 Role Defender Di Football Manager

7 Role Defender Di Football Manager

Written By afdhal tuinktuink on Friday, July 5, 2013 | 3:01 AM

Bek / Defender adalah seorang pemain yang posisinya berada di belakang para gelandang dan bertugas memberikan dukungan bagi sang penjaga gawang.
Ada beberapa macam bek: bek tengah, bek sayap (full back/wing back), dan libero (sweeper). Para bek umumnya bertubuh besar dan tegap, dan biasanya juga tinggi, meski ada pula beberapa bek bertubuh pendek yang juga telah memperoleh keberhasilan (biasa sebagai bek sayap yang tidak terlalu mementingkan tinggi badan). Semua bek harus pandai dalam melakukan tekel (tackle) dan perlu mempunyai keahlian penguasaan bola yang cukup. keberadaan dari bek ini sangat berpengaruh pada penampilan tim . ada 7 tipe / jenis dari bek ini . apa saja dan siapa saja mereka .. berikut ulasan nya
1. Sweeper (SW)
Sweeper adalah stopper pertahanan. Biasanya sweeper menjadi bagian dari pertahanan lima bek dan ia berdiri di belakang Centre Back untuk 'membersihkan' semua bola yang lolos dari pertahanan timnya. Biasanya Sweeper adalah pemain yang jauh lebih sering bergerak dibandingkan Centre Back, ia harus bergerak terus untuk menutupi lubang pertahanannya. Tetapi Sweeper tidak harus mempunyai skill teknik yang baik karena tugas utamanya hanya mengawasi, mencium adanya bahaya dan mengusirnya. Sweeper sendiri adalah salah satu posisi yang sudah hampir 'punah' dalam sepakbola modern, tetapi masih terus dipakai di tim-tim daerah Balkan dan Italia dimana pertahanan tiga atau lima bek masih sering terlihat
atribut kunci :
heading , marking , passing , tackling , anticipasion ,composure , concentration , decisions , positioning, accelarition, jumping and balance.
contoh : Mexes , Chiellini , Douglas 

2. Libero (SW)
Libero adalah 'Ball Playing Sweeper' dalam artian ia adalah sweeper yang menyerang. Saat tim dalam modus bertahan, ia akan berdiri dibelakang Centre Back selayaknya Sweeper biasa. Namun saat ia menguasai bola, ia akan melihat dahulu posisi rekan-rekannya dan mencoba mengumpankan bola kepada rekan gelandangnya yang berada di depan. Oleh sebab itu seorang Libero membutuhkan skill teknik yang lebih baik daripada seorang sweeper normal, selain itu seiring dengan karakternya yang menyerang maka tim juga membutuhkan rekan Centre Back yang dapat menutupi celah yang ditinggalkannya saat ia mungkin masih terperangkap jauh di depan pertahanannya. pada zaman sepakbola modern seperti sekarang ini , posisi libero ini bisa dikatakan telah punah.
atribut kunci :
Dribbling, Heading, Marking, Passing, Tackling, Anticipation, Composure, Concentration, Creativity, Decisions, Positioning, Teamwork, Acceleration, Balance and Jumping
contoh : 

3. Central Defender (DC)
Central Defender adalah centre back yang 'normal'. Mereka didisain untuk menjadi garis pertahanan terakhir (kecuali anda menerapkan seorang Sweeper), dan biasanya dimainkan bersama seorang centre back lain. Mayoritas centre back di seluruh dunia memainkan peran ini, walaupun demikian penerapan tugas 'Stopper' ataupun 'Cover' akan berefek pada positioning dan seberapa agresif mereka.
atribut kunci :
Heading, Marking, Tackling, Composure, Concentration, Decisions, Determination, Positioning, Jumping, and Strength
contoh : albiol , silvestre , danilo , marko basa , juan jesus , chivu dan andre dias.

4. Ball Playing Defender (DC)
Ball-Playing Defender (BPD) agak berbeda dibanding Centre Back biasa. BPD diberikan ijin untuk lebih ekspresif dengan membawa bola keluar dari garis pertahanan dan memberikan bola kepada rekan gelandangnya untuk memulai serangan. Sekilas hampir sama dengan Libero, tetapi BPD lebih dibatasi kebebasannya karena tugas bertahannya tetap lebih penting.
atribut kunci :
Heading, Marking, Passing, Tackling, Technique, Composure, Concentration, Creativity, Decisions, Determination, Positioning, Jumping and Strength
contoh : marko basa , andre dias , lucio, ferdinand , vidic , thomas vermaelen, dll.

5. Limited Defender (DC)
Jika anda mempunyai centre back yang tinggi besar, sangat kuat dan sangat agresif tetapi mempunyai kelemahan sangat mencolok di sisi teknik maka anda mungkin bisa menerapkan seorang Limited Defender kepadanya. Dengan keunggulan fisiknya Limited Defender didisain untuk memenangkan duel dan mengamankan bola. Oleh karena itu juga ia tidak perlu memikirkan bola yang diusirnya tersebut harus tepat dikirimkan kepada rekannya untuk memulai serangan balik karena yang penting adalah bola telah dibuangnya ke tempat yang lebih aman.
atribut kunci :
Heading, Marking, Tackling, Determination, Positioning, Jumping and Strength
contoh : ranocchia , samuel , natalino , gabriel paletta , sebastian domingues, dan sergio balesteros.sergio ramos dll.

6.Full Back (DL/DR)
Bek ini berada lebih kesamping dari Bek Tengah namun memiliki tugas yang sama dengan Bek Tengah. Namun biasanya Bek ini lebih sering membantu penyerangan melalui sisi kanan maupun kiri lapangan. Posisi ini biasanya digunakan pada formasi 4 bek sejajar seperti pada formasi yang saat ini cukup populer digunakan yaitu 4-4-2, 4-3-3, dan 4-5-1. Ada banyak contoh pemain pada posisi ini seperti Patrice Evra , ,Maicon .
atribut kunci :
Marking, Tackling, Anticipation, Concentration, Positioning, Teamwork, Work Rate, Acceleration, Pace and Stamina
contoh : jesus gamez ,Javier Zanetti , jonathan,  Evra , rafael , Maicon , dll

7. Wing Back (DL/DR, WBL/WBR)
Posisi ini merupakan pengembangan dari posisi Bek Sisi dimana posisi ini berada lebih kedepan dari bek sisi namun masih berada di belakang gelandang sayap. Ditugaskan untuk tampil lebih menyerang dari bek sisi. Formasi yang tepat untuk posisi ini adalah 3-5-2 dan 5-3-2. Pemain yang dapat berada di posisi ini semisal Gareth Bale di Tottenham. 
atribut kunci :
Marking, Tackling, Decisions, Positioning, Teamwork, Work Rate, Acceleration, Pace and Stamina
contoh : alvaro pareira , marcelo , Nagatomo , evra, gareth bale. dll
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Nanggroe Corner - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template