Headlines News :
Home » , , » Apasih IFFHS itu ?

Apasih IFFHS itu ?

Written By Unknown on Wednesday, October 5, 2011 | 7:54 AM

nah.. di postingan sebelumnya, ane ngepost postingan berjudul Peringkat terbaru IFFHS.. muncul pertanyaan dan yang nanya adalah temen gw sendiri...  nah, bwat agan2 yang mugkin penasaran , apasih IFFHS itu ? silahkan di baca artikel dberikut ini... semoga bisa membantu.... :)

Selama ini, di dunia sepakbola kita lebih mengenal lembaga-lembaga atau organisasi seperti FIFA (Fédération Internationale de Football Association), UEFA (Union of European Football Associations), AFC (Asian Football Confederation), atau kalau di dalam negeri PSSI (Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia). Di luar mereka lebih banyak lagi lembaga-lembaga independen yang mengusung tema sepakbola, baik di tingkat lokal maupun internasional.
Diantara sekian banyak lembaga yang resmi berada di bawah FIFA maupun yang independen aku cukup tertarik untuk mengenal sebuah organisasi yang menamakan dirinya sebagai International Federation of Football History & Statistics (IFFHS). Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, IFFHS bisa disebut dengan Federasi Internasional Sejarah & Statistik Sepakbola.
Menurut Wikipedia, IFFHS adalah sebuah organisasi yang diakui oleh FIFA yang bergerak dalam bidang statistik dan sejarah sepakbola (sesuai namanya). Organisasi ini secara rapi mencatat rentetan kejadian-kejadian dan catatan sejarah sepak bola dunia.
Organisasi ini sendiri didirikan secara resminya pada tanggal 27 Maret 1984 di Leipzig (Jerman) oleh Dr. Alfredo Pöge dengan izin dan dukungan dari Sekretaris Jenderal FIFA pada saat itu, Dr. Helmut Kaser. IFFHS sebelumnya berkantor di Al-Muroor Street 147, Abu Dhabi (Uni Emirat Arab ) untuk beberapa waktu, namun baru-baru ini telah berpindah ke Bonn, Jerman.
Selama tahap awal dan selama bertahun-tahun hingg 2002, IFFHS lebih berkonsentrasi pada penerbitan majalah triwulanan seperti Futball-Weltzeitschrift dan Libero. Jika anda penggemar sepakbola sejak lama, pasti pernah mendengar adanya tabloid Libero yang beredar di Indonesia. Barangkali itu terbit di bawah lisensi IFFHS itu. Saat kemudian ada penghentian penerbitan tanpa adanya alasan resmi yang diberitahukan, IFFHS lebih berkonsentrasi melakukan penerbitan materi-materi mereka melalui serangkaian buku multi-bahasa bekerjasama dengan sponsor. Sekarang, IFFHS lebih membatasi lagi kegiatan penerbitannya melalui situs Web dan menerima dukungan logistik dari FIFA.
Salah satu diantara daya tarik IFFHS adalah adanya statistik atau semacam klasemen klub-klub di seluruh dunia dengan pembagian berdasarkan waktu tertentu. Jadi, kalau diumpamakan IFFHS seperti sebuah liga klub seluruh dunia gitu lah. Sebagaimana FIFA, IFFHS juga memberikan penganugerahan gelar pemain terbaik, kiper terbaik, klub terbaik, pelatih terbaik dll dengan mendasarkan pada statistik atau voting wartawan.
Begitulah kira-kira gambaran IFFHS. Untuk lebih jelasnya silakan akses IFFHS.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Nanggroe Corner - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template